5 Prospek Kerja Sains Data, Jurusan Impian di Era Digital

responsive

IKOPIN MEDIA

24 November 2022

responsive

Perkembangan dunia teknologi yang semakin cepat mendorong seluruh lini kehidupan mengarah pada digitalisasi. Dengan munculnya banyak teknologi baru, prospek kerja Sains Data semakin luas. Terlebih, dalam beberapa tahun terakhir, bidang sains data menjadi sorotan karena semakin banyak perusahaan yang menyadari pentingnya pengelolaan data besar (big data) untuk memaksimalkan pertumbuhan dan perkembangan bisnisnya. Mulai dari bisnis kecil hingga besar, kini semuanya membutuhkan tenaga kerja yang ahli di bidang sains data.

Secara umum, Sains Data adalah jurusan yang mempelajari cara melakukan pengolahan dan penginterpretasian data untuk menemukan pola-pola tersembunyi di dalamnya. Tujuan pengolahan data ini adalah untuk memetakan preferensi target pasar dan memprediksi potensi yang mungkin diperoleh di masa depan. 

Dengan bertambahnya data yang dihasilkan melalui aktivitas masyarakat per harinya, lulusan Jurusan Sains Data memiliki masa depan karier yang menjanjikan. Bahkan, PricewaterhouseCoopers (PwC) memprediksi bahwa akan ada lebih dari 2.7 juta pekerjaan baru muncul dari bidang Sains Data pada 2023. Angka ini menunjukkan prospek kerja Sains Data yang semakin luas di masa mendatang.

Di Jurusan Sains Data, kamu akan mempelajari berbagai disiplin ilmu. Mulai dari matematika, statistika, transformasi data, data wrangling, bahasa pemrograman, sistem informasi, manajemen, ekonomi, hingga komunikasi dan bisnis. Hal ini ditujukan untuk menunjang kemampuan dan kesiapanmu dalam menghadapi era digital, sekaligus membuktikan banyaknya prospek kerja Sains Data yang dapat kamu peroleh. 

Dengan banyaknya ilmu yang dipelajari, kamu akan menjadi lulusan yang mampu mengelola data, memecahkan beragam masalah, membuat keputusan terbaik untuk efektivitas perusahaan, dan dibutuhkan di berbagai industri. Berikut adalah beberapa prospek kerja Sains Data:

1. Data Architect

Prospek kerja Sains Data yang pertama adalah data architect. Seperti namanya, data architect merupakan seorang arsitek dari data yang diolah. Data architect berperan dalam mendesain, mengembangkan, dan mengelola infrastruktur perusahaan. Seorang data architect berfokus untuk memastikan kualitas data sehingga dapat diakses dan dioptimasi oleh perusahaan.

Tugas data architect antara lain, yaitu berkolaborasi dengan tim IT dan manajemen terkait pembagian strategi data, membuat blueprint untuk membangun dan melakukan tes infrastruktur, membangun inventory data, melakukan riset dan mengevaluasi arus manajemen data, serta membuat laporan terkait sistem manajemen data. Untuk dapat melakukan berbagai tugas tersebut, seorang data architect harus memiliki pemahaman terhadap beragam bahasa pemrograman dan sistem operasi. Gaji rata-rata yang dapat diperoleh data architect berkisar Rp6.000.000 - Rp19.000.000.

Tugas dan tanggung jawab
  • Membagi strategi data
  • Membuat blueprint untuk membangun dan melakukan tes infrastruktur
  • Membangun inventory data
  • Melakukan riset dan mengevaluasi arus manajemen data
  • Membuat laporan terkait sistem manajemen data
Kemampuan yang dibutuhkan
  • Bahasa pemrograman
  • Pemahaman sistem operasi
  • Pengetahuan tentang infrastruktur data
Kisaran gajiRp6.000.000 - Rp19.000.000


2. Data Engineer

Prospek kerja Sains Data lain yang saat ini sedang banyak dibutuhkan adalah Data Engineer. Untuk bisa memanfaatkan data dari berbagai sumber sehingga dapat menentukan keputusan bisnis, diperlukan orang yang mumpuni dalam mengumpulkan, menyiapkan, dan mengubah data menjadi informasi. Data engineer adalah orang yang tepat untuk tanggung jawab tersebut. Data engineer merupakan software engineer yang bertugas menyiapkan data dari berbagai sumber serta memastikan infrastruktur data perusahaan berjalan dengan baik.

Infrastruktur data yang dikelola oleh data engineer dapat berupa database, pipeline, data warehouse, maupun sistem lain yang dirancang untuk memproses big data. Tugas seorang data engineer meliputi mengumpulkan dan mengolah data, merapikan data sehingga dapat dianalisis oleh data scientist dan data analyst, serta mengoptimalkan infrastruktur dengan cloud computing agar pengiriman data lebih optimal. Dengan tugas tersebut, seorang data engineer dapat memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp5.000.000 - Rp12.000.000.

Tugas dan tanggung jawab
  • Mengumpulkan dan mengolah data
  • Merapikan data
  • Mengoptimalkan infrastruktur data
Kemampuan yang dibutuhkan
  • Bahasa pemrograman
  • Pengetahuan tentang algoritma dan infrastruktur data
  • Berpengalaman menggunakan cloud platforms

Kisaran gaji

Rp5.000.000 - Rp12.000.000


3. Data Scientist

Data scientist merupakan orang di balik kendali teknologi pengolahan data sebuah perusahaan. Menurut The Future of Jobs oleh World Economic Forum (WEF), data scientist menempati peringkat nomor satu pekerjaan paling dicari di masa depan. Maka, dapat dikatakan bahwa data scientist juga menjadi salah satu prospek kerja Sains Data yang paling menjanjikan. 

Menggabungkan berbagai disiplin ilmu seperti matematika, statistik, pemrograman, dan bisnis, seorang data scientist bekerja dalam tim untuk mengumpulkan berbagai data dan informasi. Analisis data dan informasi tersebut bertujuan untuk memprediksi perilaku konsumen hingga mengidentifikasi peluang bisnis. Selain itu, hasil analisis tersebut dapat digunakan untuk menentukan solusi paling efektif demi perkembangan perusahaan.

Data scientist bertugas menganalisis data dalam jumlah besar yang ada di perusahaan. Jika kamu ingin menjadi data scientist, kamu harus memiliki kemampuan analisis data yang baik, meliputi menggabungkan data dari berbagai sumber, memastikan konsistensi data, memilih faktor dan algoritma yang dapat memengaruhi hasil, serta membuat laporan terkait temuan data untuk memudahkan pengambilan keputusan. Prospek kerja Sains Data yang satu ini menawarkan gaji yang cukup tinggi, dengan kisaran gaji mencapai Rp7.000.000 - Rp16.000.000.

Tugas dan tanggung jawab
  • Menggabungkan data dari berbagai sumber
  • Memastikan konsistensi data
  • Memilih faktor dan algoritma yang dapat memengaruhi hasil
  • Membuat laporan terkait data temuan untuk memudahkan pengambilan keputusan
Kemampuan yang dibutuhkan
  • Analisis data
  • Kemampuan database, query, dan pengolahan data
  • Pemahaman berbagai bidang: statistika, pemrograman, dan bisnis

Kisaran gaji

Rp7.000.000 - Rp16.000.000


4. Data Analyst

Berkembangnya teknologi mendorong semakin banyaknya bisnis digital yang muncul di masyarakat. Untuk meningkatkan efektivitas bisnisnya, kini perusahaan memanfaatkan data yang tersebar di internet terkait perilaku sehari-hari target pasar. Kegiatan tersebut dilakukan oleh profesi yang disebut data analyst. Data analyst merupakan orang yang bertanggung jawab melakukan analisis dan riset data menggunakan tools tertentu.

Prospek kerja Sains Data yang satu ini mungkin terlihat serupa dengan data scientist. Namun, keduanya sangat berbeda. Data scientist menangani data mulai dari identifikasi, perencanaan, pengawasan, hingga pengelolaan. Sementara itu, data analyst berfokus pada visualisasi dan analisis data.

Keberadaan data analyst sangat penting untuk dunia bisnis, mengingat bahwa perilaku, selera, dan tren yang dekat dengan target pasar dapat sangat cepat mengalami perubahan. Umumnya data analyst melakukan riset untuk kepentingan marketing dan pengembangan produk melalui mesin pencarian dan media sosial. Tugas data analyst meliputi mengekstrak data primer dan sekunder ke berbagai tools, merancang dan memelihara database, menganalisis data, serta membuat visualisasi data sehingga lebih mudah dimengerti oleh manajemen perusahaan. Gaji rata-rata seorang data scientist di Indonesia dapat mencapai Rp5.000.000 - Rp17.000.000.

Tugas dan tanggung jawab

  • Mengekstrak data ke berbagai tools
  • Merancang dan memelihara database
  • Menganalisis data
  • Membuat visualisasi data

Kemampuan yang dibutuhkan

  • Analisis data
  • Detail-oriented
  • Visualisasi data
  • Berpengalaman menggunakan tools analisis, seperti SQL, XML, Javascript, dll

Kisaran gaji

Rp5.000.000 - Rp17.000.000

 

5. Machine Learning Scientist

Machine learning (ML) merupakan salah satu cabang Artificial Intelligence (AI) yang berfungsi melakukan pengolahan data dan mampu memprediksi kejadian yang akan terjadi berdasarkan data yang digunakan. ML scientist adalah orang yang berfokus pada riset algoritma untuk membangun sebuah machine learning model.

ML scientist bertanggung jawab menciptakan sistem AI dan ML, melakukan riset dan implementasi efisiensi tools dan algoritma ML, serta mengembangkan aplikasi ML sesuai kebutuhan. Prospek kerja Sains Data yang satu ini umumnya bisa diraih jika kamu telah memiliki pengalaman 3-5 tahun dalam membangun ML berdasarkan aplikasi. Selain itu, mereka juga berpengalaman mengelola berbagai struktur, model, dan infrastruktur data. Seorang ML scientist memperoleh gaji rata-rata sebesar Rp12.000.000 - Rp27.000.000.

Tugas dan tanggung jawab
  • Menciptakan sistem AI dan ML
  • Melakukan riset dan implementasi efisiensi tools dan algoritma ML
  • Mengembangkan aplikasi ML sesuai kebutuhan

Kemampuan yang dibutuhkan

  • Bahasa pemrograman
  • Berpengalaman dalam model deployment minimal 3 -5 tahun
  • Pengetahuan tentang artifcial intelligent

Kisaran gaji

Rp12.000.000 - Rp27.000.000

Meskipun Jurusan Sains Data terbilang masih cukup baru dalam bidang keilmuan perguruan tinggi di Indonesia, prospek kerja Sains Data sudah tidak usah diragukan lagi. Apalagi di era digital seperti saat ini, di mana semua bidang telah menggunakan teknologi dan memanfaatkan data untuk menjalankan bisnisnya. Seorang lulusan Jurusan Sains Data dapat bekerja di manapun. Terdapat beberapa kampus di Indonesia yang sudah membuka Jurusan Sains Data, salah satunya IKOPIN University.

Di IKOPIN University, kamu akan mempelajari ilmu sains data dengan keterkaitan langsung dengan kebutuhan masyarakat dan dunia industri, termasuk koperasi dan UMKM. Jika kamu menjadi mahasiswa Sains Data IKOPIN University, akan ada lebih banyak prospek kerja Sains Data yang dapat kamu peroleh. Kamu akan disiapkan untuk dapat menjadi lulusan yang mampu mengadopsi perkembangan teknologi ke dalam industri bisnis dan pengetahuan mengenai koperasi. Dengan begitu, kamu dapat menjawab semua kebutuhan dunia industri untuk menciptakan usaha yang inovatif dan berkelanjutan. 

Sekarang, sudah terbayang kan luasnya prospek kerja Sains Data? Jika kamu memiliki ketertarikan pada teknologi, statistika, bisnis, serta ingin berkontribusi langsung pada masyarakat, jangan ragu untuk memilik Sains Data IKOPIN University. Bergabung bersama kami sekarang!

Sains Data Prospek Kerja Sains Data Era Digital