Ketahui 5 Manfaat Teknologi Pangan untuk Kehidupan Manusia

responsive

IKOPIN MEDIA

27 November 2022

responsive

Munculnya pertanyaan mengenai apa manfaat teknologi pangan dalam kehidupan sehari-hari adalah akibat pengaruh pesatnya perkembangan Ilmu Pengetahuan dan Teknologi (IPTEK) dalam bidang pangan. Meskipun telah banyak inovasi yang diciptakan, tetapi tidak sedikit masyarakat yang masih memiliki persepsi bahwa pangan terbaik hanyalah yang berasal dari alam, bukan hasil modifikasi teknologi pangan. Namun tentu saja, dengan semakin bertumbuhnya industri pangan di Indonesia, teknologi pangan memegang peranan besar dalam memajukannya.

Teknologi pangan merupakan disiplin ilmu sains yang memadukan dasar ilmu biokimia, mikrobiologi, teknik, dan gizi pada makanan. Ilmu teknologi pangan mengimplementasikan pengetahuan yang berkaitan dengan bahan pangan, khususnya pengolahan bahan pangan pascapanen melalui pemanfaatan teknologi untuk meningkatkan dan memberikan keunikan atau nilai tambah bagi bahan pangan tersebut.

Melalui teknologi pangan, kamu akan belajar mengenai sifat kimia, fisik, dan biologis suatu bahan pangan. Selain itu, kamu juga akan mempelajari metode pengelolaan bahan pangan, seperti pemrosesan, pengemasan, penyimpanan, pengawetan, dan masih banyak lagi. Ilmu-ilmu ini memberikan pemahaman terkait apa manfaat teknologi pangan bagi manusia secara umum, yaitu menciptakan bahan pangan efisien yang dapat dikonsumsi masyarakat setiap harinya. Namun, lebih luas lagi, ada banyak hal yang dapat diulik ketika menjelaskan apa manfaat teknologi pangan. Berikut adalah beberapa manfaatnya kehidupan manusia:

1. Mengawetkan Makanan

Salah satu ilmu yang akan dipelajari dalam teknologi pangan adalah teknik pengawetan. Fakta bahwa alam menghasilan pangan secara berkala, tetapi kebutuhan pangan manusia bersifat rutin menjadi fokus terkait hal ini. Teknik pengawetan merupakan salah satu yang sangat relevan dengan kita ketika membicarakan apa manfaat teknologi pangan bagi kehidupan sehari-hari. 

Teknologi pangan memungkinkan kita menyimpan hasil panen untuk digunakan secara bertahap. Dengan memahami hal ini, kita dapat mengolah makanan agar memiliki masa simpan yang lebih panjang dengan mencegah masalah pembusukan yang mungkin terjadi pada bahan pangan. Penerapan teknik pengawetan membantu kita memahami apa manfaat teknologi pangan dalam pendistribusian bahan pangan ke berbagai tempat yang jauh sehingga berguna ketika kita mengirimkan pangan ke daerah yang tertimpa bencana.

2. Menghilangkan Penyakit dari Makanan

Hal lain yang akan dipelajari dalam teknologi pangan adalah pemahaman tentang mikroba pangan. Implementasi ilmu ini bermanfaat untuk mengidentifikasi berbagai mikroba penyebab penyakit yang mungkin ada pada bahan pangan. Ilmu teknologi pangan mengajarkan kita cara membunuh mikroba jahat sehingga bahan pangan lebih aman untuk dikonsumsi oleh masyarakat. Dalam keseharian, kita dapat memahami apa manfaat teknologi pangan dalam hal ini melalui proses pasteurisasi yang terbukti membuat susu lebih aman dan steril untuk dikonsumsi.

manfaat teknologi pangan untuk meningkatkan nutrisi

3. Meningkatkan Nutrisi Makanan

Manfaat teknologi pangan lain yang dapat dirasakan adalah peningkatan nutrisi dari makanan yang kita konsumsi. Mempelajari ilmu teknologi pangan mendorong kita untuk terbiasa membuat inovasi terhadap bahan pangan. Hasil inovasi ini memberikan pilihan yang lebih banyak untuk masyarakat dalam mengakses apa yang akan dikonsumsi. Dengan memahami hal ini, kamu bukan sekadar mengembangkan bahan pangan sebagai pemenuh gizi konvensional, tetapi juga sebagai pemuas dari segi cita-rasa dan penjaga kebugaran tubuh melalui kandungan di dalamnya.

Keberadaan teknologi pangan memberi kesempatan lebih untuk masyarakat agar dapat merasakan jenis pangan yang bervariasi sehingga mendapatkan asupan tubuh yang berimbang. Contoh peningkatan nutrisi makanan yang diperoleh dari teknologi pangan adalah proses fortifikasi garam yang dapat mencegah penyakit gondok.

4. Meningkatkan Efisiensi Menyantap Makanan

Inovasi melalui teknologi pangan juga mempermudah masyarakat untuk bisa menyantap makanan dengan lebih efisien. Banyak contoh yang dapat ditemukan dalam keseharian, seperti kopi instan tanpa ampas, susu cair langsung minum, bumbu penyedap instan, dan masih banyak lagi. Dalam ilmu teknologi pangan, kita akan mempelajari hal-hal terkait karakteristik bahan baku hingga pemilihan kemasan. Melalui hal tersebut, kita dapat memahami cara memanfaatkan teknologi untuk menciptakan produk yang lebih efisien untuk dikonsumsi masyarakat. 

5. Mengurangi Kerugian Sisa Bahan Pangan

Ilmu teknologi pangan tidak hanya berkaitan dengan pengetahuan tentang pemrosesan bahan pangan, tapi juga hingga produk tersebut sampai ke tangan konsumen untuk dikonsumsi. Kita akan mempelajari beragam teknik modifikasi bahan pangan untuk menciptakan sistem produksi bahan pangan yang lebih efisien. Misalnya, tentang cara petani agar memperoleh panen berlimpah dari sawah atau kebunnya, lalu cara memanfaatkan sisa bahan pangan agar tetap berguna dan dapat dikonsumsi oleh masyarakat dengan mengubahnya menjadi produk berbeda.

Manfaat ini dapat membantu petani dalam meminimalisir kerugian pascapanen. Sisa bahan pangan yang awalnya tidak terjual dapat tetap digunakan meskipun dalam bentuk yang berbeda. Di lapangan, pengaruh pada aspek ini dapat dilihat saat hasil panen tomat dan bawah berlimpah. Sisa dari hasil panen tersebut tidak serta-merta dibuang begitu saja, namun sisa bawang dapat diolah menjadi bawang goreng siap konsumsi, sedangkan sisa tomat dapat dijadikan saus tomat.

 

Penjelasan di atas hanya beberapa dari banyaknya hal terkait apa manfaat teknologi pangan yang dapat kita nikmati dalam kehidupan sehari-hari. Ini membuktikan bahwa keberadaan teknologi pangan berperan penting untuk membantu kemudahan manusia mendapatkan kebutuhannya. Jika tertarik pada dunia pangan, kimia, dan biologi, kamu bisa mendaftarkan diri ke Jurusan Teknologi Pangan. Dengan begitu, kamu akan mendapat bekal lebih untuk mempersiapkan diri menjadi food scientist yang terbiasa berinovasi untuk masyarakat.

Sebagai salah satu universitas yang membuka program studi S1 Teknologi Pangan di Indonesia, IKOPIN University menawarkan beberapa keunggulan untuk mempersiapkanmu manjadi lulusan Teknologi Pangan yang siap bersaing di dunia kerja. Di sini, kamu tidak hanya akan mempelajari apa manfaat teknologi pangan secara umum, tapi juga mengembangkan dan menciptakan nilai tambah bagi komoditas pangan lokal Indonesia.

Ilmu-ilmu yang akan kamu peroleh di Jurusan Teknologi Pangan IKOPIN University akan membantumu untuk menjadi seorang technosociopreneur yang mampu mengembangkan industri serta koperasi sektor pangan. Kesempatan menarik lain yang bisa kamu peroleh jika berkuliah di Jurusan Teknologi Pangan IKOPIN Univesity adalah adanya fasilitas penunjang berupa laboratorium hasil kerja sama dunia usaha dan industri dengan induk koperasi di antaranya yaitu Gabungan Koperasi Susu Indonesia (GKSI) dan Gabungan Koperasi Produsen Tahu Tempe Indonesia (GAKOPTINDO).

Berkuliah di Jurusan Teknologi Pangan merupakan langkah yang tepat untuk mempersiapkan masa depanmu. Semakin meluasnya industri pangan di Indonesia, membuat lulusan Jurusan Teknologi Pangan memiliki prospek kerja yang lebih cerah. Tidak hanya untuk masyarakat, tapi kamu juga bisa menerapakan ilmu teknologi pangan dalam kehidupan sehari-hari. Jadi, tunggu apa lagi? Bergabung bersama kami sekarang!

Teknologi Pangan Prospek Kerja Teknologi Pangan